Penerapan Aplikasi Komputasi Modern

55409356
Nur Ihsan Husein
4IA22

MOBILE COMPUTING
Komputasi mobile adalah interaksi manusia-komputer di mana sebuah komputer diharapkan akan diangkut selama penggunaan normal. Mobile computing melibatkan komunikasi mobile, hardware ponsel, dan perangkat lunak mobile. Masalah komunikasi termasuk ad-hoc dan jaringan infrastruktur serta properti komunikasi, protokol, format data dan teknologi beton. Hardware meliputi perangkat mobile atau komponen perangkat. Mobile software berkaitan dengan karakteristik dan persyaratan aplikasi mobile.
Beberapa contoh dari komputasi mobile adalah:
  1. Smartphone
  2. Tablet PC
  3. Ultra Mobile PC
  4. Palm
  5. Wearable PC

GRID COMPUTING
Komputasi grid adalah federasi sumber daya komputer dari berbagai lokasi untuk mencapai tujuan bersama. Grid dapat dianggap sebagai sistem terdistribusi dengan beban kerja non-interaktif yang melibatkan sejumlah besar file. Apa yang membedakan komputasi grid dari sistem komputasi kinerja tinggi konvensional seperti komputasi cluster bahwa grid cenderung lebih longgar digabungkan, heterogen, dan geografis. Meskipun grid tunggal dapat didedikasikan untuk aplikasi tertentu, umumnya jaringan yang digunakan untuk berbagai tujuan. Grids sering dibangun dengan tujuan umum jaringan middleware perpustakaan software.
Komponen-Komponen jaringan komputasi Adalah:
  1. Gram (Grid Alokasi Sumber Daya & Manajemen) Komponen inisial dibuat untuk mengatur seluruh sumberdaya komputasi Yang TERSEDIA Dalam, sebuah SISTEM komputasi jaringan. Pengaturan inisial termasuk eksekusi Program FUNDS seluruh Komputer Yang tergabung Dalam, SISTEM komputasi grid, MULAI bahasa Dari inisiasi, monitoring, sampai penjadwalan Artikel Baru Dan koordinasi antar proses penelaahan Yang terjadi Dalam, SISTEM nihil. JUGA dapat berkoordinasi Artikel Baru SISTEM-SISTEM pengaturan Sumber Daya Yang telah ADA sebelumnya. Artikel Baru MEKANISME inisial program Program Yang telah dibuat sebelumnya tidak Perlu dibangun Ulang atau Bila dimodifikasi, modifikasinya minimum.
  2. RFT / GridFTP (Reliable File Transfer / Grid File Transfer Protocol) Komponen inisial dibuat agar pengguna dapat mengakses data yang berukuran Yang Besar Bahasa Dari * Semua Simpul komputasi Yang telah tergabung Dalam, sebuah SISTEM komputasi secara pengerjaannya efisien. Hal inisial tentu Saja berpengaruh KARENA kinerja komputasi tidak hanya bergantung FUNDS kecepatan Komputer Yang tergabung Dalam, Program mengeksekusi, TAPI JUGA seberapa CEPAT Data Yang dibutuhkan dapat diakses. Data Yang diakses JUGA tidak Selalu ADA FUNDS Komputer Yang mengeksekusi.
  3. MDS (Monitoring dan Discovery Service) Komponen inisial dibuat untuk memonitoring proses penelaahan komputasi Yang Sedang dijalankan agar dapat mendeteksi masalah Yang Timbul Artikel Baru segera. Sedangkan fungsi disovery dibuat agar pengguna mampu mengetahui keberadaan Sumber Daya komputasi beserta karakteristiknya.
  4. GSI (Grid Keamanan Infrastruktur) Komponen inisial dibuat untuk mengamankan SISTEM komputasi jaringan secara keseluruhan. Komponen inisial membedakan Teknologi GT4 Artikel Baru Teknologi-Teknologi sebelumnya. Artikel Baru menerapkan MEKANISME keamanan Yang tergabung Artikel Baru Komponen-Komponen komputasi jaringan Before, SISTEM inisial dapat diakses secara Luas Tanpa sedikitpun * Mengurangi tingkat keamanannya. Penggunakan Sistem keamanan Suami Artikel Baru dibangun Segala Komponen Yang telah diuji, mencakup proteksi data, autentikasi, delegasi Dan autorisasi.
CLOUD COMPUTING
jenis-jenis Cloud Computing di bawah ini:

  1. Infrastructure as a Service atau biasa disingkat IaaS . IaaS merupakan sebuah sistem Cloud Computing yang paling lengkap karena meliputi hardware atau perangkat keras untuk pelanggan. Itu artinya, mereka yang menggunakan IaaS Cloud Computing dapat mengatur banyak hal, mulai dari besarnya memori penyimpanan sampai dengan besarnya bandwith serta konfigurasi-konfigurasi lainnya. Jika diibaratkan, sistem IaaS Cloud Computing ini seperti memiliki sebuah hotel dengan banyak kamar yang bisa disewakan atau bahkan dijual sehingga mau tidak mau seluruh hal yang berhubungan dengan hotel tersebut harus kita atur sendiri.
  2. Platform as a Service atau biasa disingkat PaaS. Tidak seperti IaaS Cloud Computing, PaaS Cloud Computing hanya memberikan kebebasan dalam mengatur hal-hal yang berbentuk lunak/software atau aplikasi. Software tersebut meliputi sistem operasi sampai dengan database engine. Dalam hal ini, PaaS Cloud Computing bisa diibaratkan seperti menyewa kamar hotel untuk tempat kita tinggal tanpa harus memikirkan banyak hal tentang hotel tersebut, seperti untung-rugi hotel tersebut atau bahkan perawatan hotel tersebut.
  3. Software as a Service atau biasa disingkat SaaS. SaaS Cloud Computing ini juga tidak seperti PaaS atau bahkan IaaS. Skala SaaS Cloud Computing jauh lebih kecil dari PaaS, apalagi IaaS. Sebab, dalam SaaS Cloud Computing, yang kita lakukan hanyalah memakai software yang sudah tersedia di dalam jaringan (network/cloud) tanpa perlu mengatur atau mengedit apa yang sudah ada di dalam jaringan tersebut. SaaS Cloud Computing ini hampir sama seperti kita menggunakan software yang ada di dalam desktop PC kita, namun tanpa mengharuskan kita untuk menginstallnya terlebih dahulu. Jika diibaratkan, SaaS Cloud Computing ini seperti memakai fasilitas yang ada di sebuah hotel tanpa perlu membayar, seperti menggunakan toilet umum gratis.

Bagaimana Komentar Anda?

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...