Skip to main content

kerugian Khamar(segala yg memabukkan) dan Judi


Assalamu'alaikum wr wb. bagi orang muslim seperti saya, sudah seharusnya membahas segala ilmu yang kita dapat dari Al-Qur'an agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam memaknai ayat-ayat Al-Qur'an..
saat ini saya akan membahas mengenai judul diatas. yak tentang Khamar, Judi

Dalam Q.S. Al-Baqarah:219 yang artinya :
(219)Mereka bertanya kepadamu tentang khamar dan judi. Katakanlah, "Pada keduanya itu terdapat dosa besar dan beberapa manfaat bagi manusia, tetapi dosa keduanya lebih besar daripada manfaatnya." Dan mereka bertanya kepadamu apa yang mereka nafkahkan. Katakanlah, "Yang lebih dari keperluan." Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu supaya kamu berpikir,


pada ayat diatas dijelaskan bahwa banyaknya dosa dan sedikitnya manfaat dari khamar(segala hal yang memabukkan, contohnya: Alkohol dalam bir) dan judi.
mari kita telusuri mengapa Al-Qur'an menjelaskan khamar/alkohol banyak kerugiannya dan sedikit manfaatnya,
1) di situs http://id.wikipedia.org/wiki/Alkohol dijelaskan bahwa Alkohol digunakan sebagai pengawet untuk hewan koleksi dalam ukuran kecil.Di bidang otomotif alkohol digunakan sebagai bahan bakar otomotif.
Dalam peristilahan umum, "alkohol" biasanya adalah etanol atau grain alcohol. Etanol dapat dibuat dari fermentasi buah atau gandum dengan ragi. Etanol sangat umum digunakan, dan telah dibuat oleh manusia selama ribuan tahun. Etanol adalah salah satu obat rekreasi (obat yang digunakan untuk bersenang-senang) yang paling tua dan paling banyak digunakan di dunia. Dengan meminum alkohol cukup banyak, orang bisa mabuk. Semua alkohol bersifat toksik (beracun).
2)di situs http://persagikapuas.blogspot.com/2009/03/alkohol-dan-gizi.html dijelaskan mengkonsumsi alkohol diminum sedikit saja secara teratur dan dikombinasikan dengan gaya hidup sehat, hal ini dapat menjadi resep terbaik mencapai usia panjang. dan kerugiannya meminum alkohol terlalu banyak diketahui dapat merusak hati serta pankreas, yang kita ketahui penting untuk pencernaan dan metabolisme. Selain itu, terlalu banyak mengkonsumsi alkohol juga dapat merusak saluran usus dan mempengaruhi penyerapan zat-zat gizi, serta akan menyebabkan gejala-gejala kurang gizi.
3)menurut hemat saya manfaat dari alkohol adalah untuk membersihkan perlengkapan kedokteran agar steril dan membersihkan luka tubuh bagian luar. dan kerugiannya bila kita meminumnya hingga mabuk membuat kesadaran kita berkurang dan dapat menimbulkan kerusakan bagi lingkungan sekitar.

sedangkan masalah judi. manfaatnya hanya refreshing dan mendapatkan uang berkali lipat BILA menang.


dan dosa/kerugiannya adalah mengadu nasib yang bila KALAH dapat membuat anda penasaran lalu ingin bermain lagi sehingga harta (yang seharusnya dapat dimanfaatkan) menjadi ludes.

demikian yang dapat saya sampaikan, sekiranya ada kekurangan mohon dimaafkan karena datangnya dari saya sendiri dan kesempurnaan datangnya dari Allah swt.
wasslamu'alaikum wr.wb

Comments

Popular posts from this blog

Hadiah Ulang Tahun lirik (S. Warno)

Vocal : S. Warno Cipt : S. Warno Ku lukiskan kata mesra pada kasih abadi Ku berikan pada kasih hadiah menarik hati Indah nian sapu tangan warna merah jambu Terimalah persembahan di ulang tahun-mu Sapu tangan-ku warna merah jambu Saputangan-ku membawa semua kenangan ayu Ku ucapkan s’lamat hari ulang tahun pada-mu Ku berikan hadiah hari ulang tahun bagi-mu Indah nian saputangan warna merah jambu Hati riang risau hilang sedih t’lah berlalu Sapu tangan-ku warna merah jambu Sapu tangan-ku membawa semua kenangan ayu pas SD orang tuaku sering memutar lagu ini dimobil. sampai sekarang masih teringat lagu nostalgia ini.

Mengatasi Sifat Pemarah

Alkisah, ada seorang anak muda yang memiliki sifat yang pemarah sekali, dia suka berkata yang sangat menyakitkan hati. dan sampai suatu hari Ayahnya pun memberikan nasehat kepadanya. Sang Ayah berkata: "Coba kau paku papan pagar rumah kita tiap kali kau tidak dapat mengendalikan emosi dan amarahmu. Hari pertama ia memaku 38 x. Lama kelamaan menjadi semakin sedikit hingga suatu hari ia tidak perlu memaku lagi. Dengan bangga ia berkata pd Ayahnya."Aku telah berhasil melalui 1 hari ku tanpa menyakiti hati siapa pun". Dan Ayahnya memintanya untuk mencabut 1 paku apabila ia berhasil melewati 1 hari tanpa menyakiti hati orang lain. Hingga tiba suatu hari di mana tidak ada lagi paku yang dapat dicabutnya. Ayahnya berkata "Aku sangat bangga akan usahamu, tapi lihatlah pagar kita yg penuh dengan bolongan bekas paku, hati orang-orang yang telah kau sakiti persis seperti papan itu, apa yg kau katakan telah membuat luka di hati, dan hati itu tidak akan pernah sama lagi

MAPOTI (Most Annoying People On The Internet)

MAPOTI yang kepanjangannya adalah Most Annoying People On The Internet mulai menjadi trendsetter di dunia maya. Awalnya itu istilah yang dibuat oleh Youtube Senior NigaHiga . Yah kita sadar internet udah jadi makanan setiap hari, seperti facebook, twitteran setiap hari, ga tau apa yang lebih baik dilakukan di toilet, di lift dengan orang lain tanpa ada ngobrol sama sekali, bangun ditengah malam, yah saya sendiri suka terbangun ditengah malam dan biasanya langsung buffering Naruto. Yah karna sudah banyak yang berinternet, sering kali kita bertemu orang-orang yang menyebalkan di internet. Walaupun jarak memisahkan tapi internet menyediakan orang-orang tersebut. Sebenarnya di Indonesia salah satu MAPOTI sudah ada lebih dulu dengan istilah alay. Tapi masih banyak MAPOTI yang belum disebut. Siapa aja sih MAPOTI itu, check this out : 1. Orang yang sering menggunakan singkatan  yang biasa   diinternet  digunakan didunia nyata, contohnya: lo sedang ngobrol ditelepon dengan temen lo,